Marc Cucurella Handsball di Kotak Penalti Spanyol, Kenapa Timnas Jerman Tidak Diberi Penalti oleh Wasit?

KESWAN BOLATimnas Jerman baru saja kalah dari Timnas Spanyol di babak perempat final Euro 2024. Namun ada satu kontroversi yang terjadi di laga ini.

Pertandingan yang digelar di Stuttgart Arena itu berlangsung sengit. Timnas Spanyol berhasil unggul lebih dahulu berkat gol Dani Olmo.

Namun beberapa menit sebelum bubaran babak kedua, Florian Wirtz berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Sehingga laga dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Di babak tambahan waktu, Jerman sebenarnya lebih dominan ketimbang Spanyol. Namun ketika laga hampir dilanjutkan ke babak adu penalti, Mikel Merino berhasil mencetak gol kemenangan Spanyol, sehingga La Furia Roja unggul 2-1 di laga ini dan akhirnya menang.

Meski begitu, ada satu momen kontroversial terjadi di babak tambahan waktu ini. Karena Anthony Taylor tidak memberikan penalti kepada klaim penalti Jerman.

Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Cucurella Handsball

Aksi Marc Cucurella dalam laga Spanyol vs Italia di Euro 2024, Jumat (21/6/2024). Kejadian kontroversial ini terjadi di babak tambahan waktu.

Pada saat itu, Jerman sedang melakukan serangan balik. Jamal Musiala melepaskan tembakan ke arah gawang Spanyol, namun Marc Cucurella yang mencoba menutup arah bola itu malah melakukan handsball.

Pemain Timnas Jerman meminta wasit penalti atas insiden tersebut. Namun Anthony Taylor tetap melanjutkan laga dan tidak memeriksa VAR. Lantas mengapa Taylor tidak memeriksa insiden tersebut?

Tidak Melebarkan Badan

Wasit Premier League, Anthony TaylorDari pengamatan Bola.net, ada dua aspek yang membuat Anthony Taylor tidak memberikan penalti kepada Timnas Jerman di momen itu.

Yang pertama, karena Cucurella tidak mencoba melebarkan tubuhnya saat insiden handsball tersebut. Menurut aturan IFAB, sebuah kejadian dianggap handsball ketika seorang pemain membuat tubuhnya menjadi lebih besar/lebar dengan tangannya.

Namun pada kejadian Cucurella, sang bek bukannya menggunakan tangannya untuk melebarkan tubuh, malah ia mencoba menarik tangannya agar tidak terkena handsball. Karena ia mencoba untuk memperpendek jangkauan tubuhnya alih-alih melebarkan tubuhnya, maka ia tidak dianggap handsball oleh wasit.

Sudah Offside Terlebih Dahulu

Striker Jerman Niclas Fullkrug merayakan gol ke gawang Swiss di Euro 2024. Alasan kedua mengapa insiden ini tidak diberikan penalti oleh Anthony Taylor karena sudah terjadi offside dalam proses tersebut.

Sebelum melepaskan tendangan, Musiala menerima bola hasil duel udara Fullkrug dengan para bek Spanyol. Dalam tayangan ulang, terlihat Fullkrug sudah offside terlebih dahulu sebelum menyundul bola.

Jadi karena sudah offside sebelum tembakan Musiala, maka bola sudah dinyatakan mati dan seharusnya jadi tendangan bebas Spanyol.

Statistik Pertandingan

Nico Williams mencoba melewati adangan Florian Wirtz di laga Spanyol vs Jerman, Jumat (5/7/2024) Spanyol – Jerman
Goals: 2-1
Total Shots: 18-23
Shots on Target: 6-5
Posession: 48%-52%
Fouls: 16-21
Offsides: 2-2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kesawanbola

kesawanbola

kesawanbola